Mengatasi Kulit Berjerawat

mengatasi kulit berjerawatJerawat merupakan kondisi yang terjadi dimana folikel rambut dipenuhi dengan minyak dan sel kulit mati. Jerawat umumnya muncul ketika masa pubertas. Jerawat biasanya muncul di sekitar wajah, leher, dada, punggung dan bahu. Jerawat sebenarnya bukanlah masalah yang serius, tetapi hal ini sangat meresahkan dan merusak penampilan. Kulit yang berjerawat biasanya menyebabkan seseorang merasa kurang percaya diri.

Masalah kulit berjerawat dapat melanda siapa saja, baik pria maupun wanita. Biasanya remaja laki-laki mengalami kulit berjerawat lebih lama daripada wanita akibat pengaruh dari hormon testosteron. Tidak hanya pada remaja, wanita dewasa juga dapat bermasalah dengan jerawat. Jerawat tidak berbahaya tetapi dapat meninggalkan bekas pada kulit.
Kulit kita memiliki pori-pori kecil yang berhubungan dengan kelenjar minyak yang terletak di bawah kulit. Kelenjar ini tersambung dengan pori-pori melalui suatu folikel yang berupa saluran kecil. Kelenjar minyak memproduksi minyak yang disebut sebum. Sebum ini membawa sel kulit mati melalui folikel ke permukaan kulit. Noda jerawat akan timbul ketika folikel tersebut tersumbat dan menghasilkan penumpukan minyak di bawah kulit. Sumbatan pada folikel dapat terinfeksi oleh bakteri yang dapat menyebabkan pembengkakan.
Pengobatan kulit berjerawat dapat dilakukan dengan menggunakan obat jerawat yang dapat dibeli di supermarket atau toko obat. Obat jerawat terdapat dalam berbagai bentuk sediaan seperti gel, sabun, krim dan lotion. Jika kulit anda termasuk jenis kulit yang sensitif maka lebih baik menggunakan obat jerawat dalam bentuk krim atau lotion. Obat jerawat dalam bentuk gel biasanya mengandung alkohol dan cenderung membuat kulit menjadi kering sehingga sediaan ini lebih baik untuk orang yang mempunyai kulit berminyak. Jika jerawat semakin parah, maka anda harus segera menemui dokter spesialis kulit untuk mendapatkan pengobatan. Dokter kulit mungkin meresepkan obat antibiotik oral atau topikal. Antibiotik dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan mengurangi inflamasi atau peradangan. Biasanya eritromisin dan tetrasiklin adalah antibiotik yang diresepkan untuk pengobatan jerawat.
Kulit berjerawat memerlukan perawatan khusus seperti misalnya mencuci wajah dua kali sehari dengan menggunakan air hangat dan sabun khusus untuk kulit berjerawat. Jerawat pada kulit tidak boleh dikeluarkan dengan menekan menggunakan jari karena akan membuat infeksi semakin dalam. Hal ini akan menyebabkan penyumbatan yang lebih besar dan pembengkakan yang semakin parah serta kemerahan pada kulit. Hindari menyentuh wajah dengan tangan karena belum tentu tangan kita bebas dari kotoran. Tangan yang kotor dapat memperburuk kondisi kulit yang berjerawat. Oleh karena itu cucilah tangan dengan bersih sebelum menyentuh wajah, termasuk sebelum menggunakan pelembab atau makeup.

Makeup bagi kulit berjerawat juga harus diperhatikan. Gunakanlah makeup yang tidak mengandung minyak atau berbahan dasar air karena makeup berbahan dasar minyak dapat mempercepat penyumbatan pada pori-pori kulit. http://www.arisurachman.com

Pewarna Rambut

pewarna rambutPewarna rambut pertama kali diciptakan pada tahun 1909 oleh seorang ahli kimia dari Perancis bernama Eugene Schuller, menggunakan zat kimia yang disebut parafenilendiamin. Pewarnaan rambut kini sangat banyak diminati, baik oleh wanita maupun pria. Pewarna rambut merupakan hasil reaksi kimia antara molekul pada rambut, pigmen atau zat warna dan zat kimia yang terdapat pada pewarna rambut seperti peroksida dan amonia.

Pada jaman dahulu, orang-orang mewarnai rambutnya menggunakan tumbuh-tumbuhan dan mineral yang mengandung pigmen seperti misalnya hena atau cuka. Pewarna rambut ada yang bersifat temporer (sementara), semi permanen dan permanen. Pewarna rambut temporer akan hilang begitu rambut dicuci dengan menggunakan shampo karena jenis pewarna rambut ini tidak mengandung amonia. Pewarna rambut temporer tidak menyerap ke dalam lapisan rambut dan hanya melapisi bagian luar saja sehingga warna asli rambut tetap bertahan. Sedangkan pewarna rambut semi permanen akan hilang dengan sendirinya setelah keramas beberapa kali (enam hingga dua belas kali keramas). Pewarna semi permanen hanya mengubah warna rambut menjadi lebih gelap dan tidak dapat memberikan warna rambut yang lebih terang karena sama halnya dengan pewarna rambut temporer, pewarna rambut jenis ini juga tidak mengandung amonia atau peroksida.
Jika anda mengharapkan perubahan warna rambut yang lebih mencolok dan warna rambut bertahan untuk jangka waktu yang lama maka jenis pewarna rambut permanen adalah pilihan yang paling tepat. Pewarna rambut ini bekerja dengan membuka lapisan terluar rambut yang disebut dengan kutikula, sebelum pewarna rambut dapat diserap ke dalam rambut. Begitu lapisan ini terbuka, pewarna bereaksi dengan bagian dalam rambut, korteks, untuk mengganti warna asli rambut. Umumnya pewarna rambut permanen mengalami proses dengan dua tahap (biasanya terjadi secara bersamaan) yaitu pertama menghilangkan warna asli rambut dan memberi warna baru pada rambut. Amonia merupakan zat kimia yang bersifat basa yang berfungsi untuk membuka kutikula pada rambut dan memperkenankan pewarna rambut berpenetrasi ke dalam korteks rambut.

Amonia juga berperan sebagai katalis ketika pewarna rambut bercampur dengan peroksida. Peroksida digunakan sebagai zat oksidator yang berfungsi untuk memutus ikatan kimia pada rambut, melepaskan sulfur yang merupakan ciri khas dari bau pewarna rambut. Begitu melanin pada rambut telah dihilangkan, warna baru yang permanen berikatan dengan korteks rambut. Pewarna rambut juga dapat mengandung alkohol dan kondisioner. Kondisioner ini berfungsi untuk menutup kutikula setelah pewarnaan agar warna rambut yang baru dapat bertahan dan terlindung. Pewarna rambut permanen memiliki efek samping yang buruk bagi rambut yaitu rambut menjadi kering. Untuk mengatasi efek samping ini, gunakan kondisioner setiap kali keramas atau masker rambut sekali atau dua kali seminggu, tergantung pada tingkat kekeringan rambut.

www.arisurachman.com

Kredit Rumah

TIPS KREDIT RUMAHHAL – HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN SEBELUM KREDIT RUMAH

Siapa saja pasti ingin memiliki rumah idaman yang nyaman untuk dihuni. Harga properti yang semakin meningkat pesat membuat sebagian orang memupuskan harapannya untuk membeli rumah idaman yang selama ini ia impikan, apalagi secara tunai. Salah satu solusi yang dapat ditempuh untuk dapat memiliki rumah idaman tersebut adalah membelinya secara kredit atau cicilan. Kini banyak developer perumahan yang menawarkan pembelian rumah secara kredit selama 1 atau 2 tahun dengan bunga 0%. Selain itu juga banyak bank yang menawarkan KPR (Kredit Pemilikan Rumah) dengan bunga yang bersaing. Sebelum mengajukan pinjaman kepada bank, kita harus mempertimbangkan dengan baik kemampuan kita dalam membayar cicilan. Perhitungkan berapa besar pendapatan yang kita peroleh dan pengeluaran setiap bulannya. Jika kita tidak mampu membayar cicilan yang telah ditentukan maka pihak bank akan menyita properti tersebut dan melelangnya. Tentunya kita tidak mengharapkan hal ini terjadi. Oleh karena itu jangan tergesa-gesa dalam mengambil keputusan.
Dalam membeli rumah secara kredit ada beberapa hal yang harus kita perhatikan. Yang pertama adalah tingkat suku bunga pinjaman yaitu bunga yang dikenakan oleh pihak bank terhadap jumlah uang yang dipinjamkan kepada kita. Biasanya tingkat suku bunga pinjaman ini besarnya berdasarkan kondisi pasar, besarnya uang muka yang dibayarkan dan jangka waktu pinjaman. Jangka waktu pinjaman adalah lamanya waktu yang diperlukan untuk melunasi pinjaman kepada bank. Jangka waktu pinjaman ini berbeda-beda untuk setiap bank, mulai dari 3 tahun hingga 20 tahun. Semakin singkat jangka waktu pinjaman maka semakin besar cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya, tetapi umumnya bunga pinjamannya juga semakin kecil.
Kredit rumah dengan meminjam uang kepada bank bukanlah hal yang mudah karena bank memiliki syarat dan ketentuan tertentu dalam memberikan pinjaman tersebut. Ketika seseorang mengajukan kredit rumah, pihak bank akan melakukan peninjauan kelayakan untuk menilai apakah orang tersebut berhak mendapatkan pinjaman atau tidak. Ada beberapa faktor yang dievaluasi oleh pihak bank yaitu meliputi penghasilan, hutang, aset dan properti yang ingin dibeli. Pihak bank akan melakukan wawancara untuk mengetahui apakah kita memiliki sumber penghasilan yang kontinu dan stabil untuk membayar cicilan setiap bulannya. Sumber penghasilan ini termasuk pendapatan yang berasal dari pekerjaan utama, pekerjaan sampingan, bonus, komisi serta penghasilan pasif seperti penghasilan dari investasi saham, uang sewa, dan lain-lain. Pihak bank juga akan melihat apakah kita membayar tagihan-tagihan seperti kartu kredit, listrik, telepon, dan lain-lain tepat pada waktunya. Untuk menghindari penilaian yang buruk, sebaiknya kita melunasi segala tagihan yang bermasalah sebelum mengajukan pinjaman. Dana pribadi dalam bentuk rekening tabungan dan deposito serta aset-aset yang kita miliki seperti kendaraan pribadi, emas atau properti lainnya juga memegang peranan penting agar pengajuan pinjaman kita dapat disetujui.

www.arisurachman.com

Gaya Hidup Konsumtif

Gaya Hidup KonsumtifBelanja merupakan cerminan dari gaya hidup seseorang dan sebagai bagian dari rekreasi bagi suatu kalangan sosial tertentu. Indonesia dikenal sebagai negara dengan tingkat konsumsi yang tinggi, terutama di kalangan remaja. Kebanyakan orang mudah dipengaruhi oleh apa yang mereka lihat dan yang menjadi tren saat itu sehingga membuat orang tersebut cenderung menjadi konsumtif. Kata konsumtif menggambarkan secara jelas bagaimana perilaku seseorang dalam menghabiskan uang untuk sesuatu yang sebenarnya tidak diperlukan. Mereka tidak pernah puas dengan apa yang telah dimilikinya. Gaya hidup konsumtif tidak hanya identik dengan kaum wanita tetapi juga dapat terjadi pada pria. Umumnya orang-orang konsumtif yang membeli produk bermerk hanya ingin menunjukkan agar eksistensinya dapat diterima dan menjadi bagian dalam komunitas sosial tertentu. Orang seperti ini hanya memperhatikan harga produk daripada kualitas produk yang dibelinya. Semakin mahal harganya, maka keberadaannya semakin dihargai dalam kelompok sosial. Namun ada juga orang yang melakukan gaya hidup konsumtif tanpa ia sadari yang disebut dengan shopaholic.
Perilaku konsumtif ini dipengaruhi oleh dua faktor utama yaitu lingkungan dan iklan. Tidak dapat dipungkiri bahwa lingkungan memegang peranan yang penting dalam membangun karakter seseorang. Ketika seseorang hidup dalam komunitas yang konsumptif maka ia akan cenderung mengikuti perilaku orang-orang yang ada disekitarnya. Iklan juga dapat mempengaruhi perilaku konsumtif karena iklan bersifat persuasif atau mempengaruhi pikiran seseorang sehingga orang terbujuk untuk membelinya. Selain itu banyaknya pusat-pusat perbelanjaan serta promosi-promosi yang menggiurkan juga mendorong seseorang untuk berbelanja. Apalagi kini banyak bermunculan toko-toko online shopping sehingga memudahkan kita untuk berbelanja tanpa harus pergi ke toko atau mall. Cukup dengan hanya memilih barang yang ingin kita beli melalui komputer atau handphone maka barang akan diantar langsung ke tempat yang kita inginkan.
Perilaku yang konsumtif dapat menimbulkan masalah yang serius bagi masyarakat. Dalam jangka panjang, orang dengan perilaku buruk ini cenderung tidak dapat mengatur keuangannya sendiri karena terbiasa membuang uang. Kesenjangan sosial antara si kaya dengan si miskin pun akan semakin besar. Gaya hidup yang konsumtif harus diatasi dengan menanamkan nilai moral yang kuat serta menumbuhkan rasa tanggung jawab dalam mengatur keuangan. Kita harus dapat membedakan mana yang penting dan yang tidak. Ini dapat dilakukan dengan membuat daftar prioritas barang yang ingin kita beli sebelum pergi berbelanja. Hal tersebut akan menghindarkan kita membeli barang-barang yang sebenarnya tidak diperlukan. Tetapi yang paling penting adalah adanya pengendalian diri agar tidak mudah terpengaruh dengan gaya hidup konsumtif dari lingkungan yang ada disekitarnya.

http://www.arisurachman.com

Beruang kutub

beruang kutubBeruang kutub merupakan salah satu hewan karnivora terbesar di dunia. Populasi hewan ini tersebar di seluruh daerah kutub, Alaska, Kanada, Rusia dan Norwegia. Beruang kutub memiliki kemampuan adaptasi yang luar biasa di habitat es. Bulunya lebih tebal daripada beruang lainnya dan bahkan sampai menutupi kaki agar tetap hangat  di suhu yang sangat dingin. Warna bulunya sebenarnya tidak benar-benar putih, tetapi nampak seperti putih. Bulu beruang kutub ini tidak mengandung pigmen warna dan transparan serta memantulkan cahaya. Beruang kutub telihat sangat putih ketika bersih dan terkena sinar matahari, terutama setelah masa pergantian bulu yang dimulai di musim semi hingga musim panas. Sebelum masa pergantian bulu, beruang kutub terlihat berwarna kuning akibat dari minyak yang berasal dari anjing laut yang dimakannya. Beruang kutub jantan dewasa dapat memiliki berat sekitar 375 kg hingga 600 kg, sedangkan yang betina berkisar 165 kg hingga 325 kg.
Makanan utama hewan ini adalah anjing laut, singa laut dan burung. Di musim gugur, anjing laut biasanya membuat sepuluh hingga lima belas lubang pada permukaan es sebagai tempat untuk bernapas. Beruang kutub yang memiliki indera penciuman, penglihatan dan pendengaran yang sangat tajam memanfaatkan lubang ini sebagai tempat berburu makanan dengan menunggu anjing laut muncul ke permukaan. Anjing laut biasanya muncul ke permukaan setiap 5 hingga 15 menit. Di musim panas dimana laut es mengalami pergerakan, beberapa beruang kutub mengikuti pergerakan es tersebut dan dapat berjalan ribuan mil setiap tahunnya agar selalu bersama dengan sumber makanannya. Beruang kutub berjalan dengan kecepatan 5 hingga 6 kilometer per jam dan berlari hingga 40 kilometer per jam tetapi hanya untuk jarak pendek. Beruang kutub juga adalah perenang yang hebat.
Beruang kutub memiliki masa kawin di akhir bulan Maret hingga Mei. Beruang kutub selalu aktif sepanjang tahunnya. Mereka memiliki kemampuan untuk mengurangi kecepatan metabolisme ketika makanan langka dan menyesuaikannya kembali ketika banyak makanan. Tidak seperti beruang pada umumnya, beruang kutub yang tidak berkembang biak tidak mengalami hibernasi di musim dingin. Beruang kutub yang sedang hamil perlu makan banyak di musim panas dan gugur untuk mengumpulkan persediaan lemak agar dapat bertahan hidup selama bersarang. Lamanya kehamilan sekitar delapan bulan. Sekali hamil, beruang kutub dapat melahirkan 1 hingga 4 ekor anak, tetapi pada umumnya 2 anak. Beruang kutub betina bersarang di bulan Oktober di sebuah tumpukan es yang tebal atau di daratan. Anak beruang akan bersama induknya hingga berumur 2,5 tahun untuk belajar caranya berburu dan bertahan di habitat es. Beruang kutub betina dapat melahirkan lima ekor anak selama hidupnya, dimana ini merupakan tingkat reproduksi hewan mamalia yang paling rendah.

http://www.arisurachman.com

Sirkulasi Udara Di Dalam Rumah

sirkulasi udara dalam rumahSirkulasi udara merupakan hal yang penting pada setiap rumah karena aliran udara berkaitan erat dengan suhu ruangan, kotoran atau polutan dan lingkungan udara yang sehat dan nyaman. Sirkulasi udara yang baik akan menghasilkan udara di dalam rumah menjadi lebih segar sehingga kita dapat menghirup udara yang bersih. Hal ini tentunya akan menyehatkan paru-paru kita. Agar sirkulasi udara di dalam rumah menjadi lebih baik, bukalah pintu dan jendela pada kedua sisi ruangan. Jika ruangan hanya memiliki jendela pada satu sisi saja atau hanya terdapat satu jendela, maka bukalah jendela lain yang terdekat dengan ruangan terseut untuk menciptakan saluran dimana udara dapat mengalir masuk dan keluar ruangan. Ini merupakan cara yang paling sederhana dan paling cepat untuk meningkatkan sirkulasi udara. Hanya dengan membuka jendela pada setiap ruangan, anda dapat menciptakan aliran udara dari segala arah sehingga meningkatkan sirkulasi di seluruh isi rumah.
Salah satu area di dalam rumah yang perlu diperhatikan sirkulasi udaranya adalah dapur. Ketika memasak, asap dan bau masakan dapat menyebar ke seluruh isi rumah, terutama jika memasak makanan yang berbau pedas dan menyengat. Hal ini dapat merangsang indera penciuman kita sehingga kita menjadi bersin-bersin. Sebagai solusinya, anda dapat memasang alat penghisap asap dapur. Alat ini dipasang diatas kompor yang berguna untuk mengumpulkan dan menyalurkan asap, uap dan bau yang dihasilkan ketika proses memasak. Di dalam alat ini terdapat sebuah kipas hisap yang bergerak secara berkebalikan dengan kipas pada umumnya. Jika umumnya kipas menghembuskan udara, kipas pada alat ini justru menarik atau menghisap udara. Ada dua macam alat penghisap asap dapur, yang pertama yaitu bekerja dengan menyaring udara yang dihisap lalu dikembalikan ke dalam ruangan melalui suatu filter yang bersih. Filter ini harus dibersihkan atau diganti secara berkala agar tidak ada kotoran dan minyak-minyak yang mengumpul di filter. Jenis alat penghisap yang kedua yaitu bekerja dengan membuang udara yang dihisap keluar rumah melalui saluran pembuangan.
Area lain di dalam rumah yang memerlukan perhatian khusus dalam hal sirkulasi udara adalah area kamar mandi. Kamar mandi umumnya berukuran lebih kecil daripada ruangan lainnya sehingga sirkulasi udaranya terbatas. Sirkulasi udara yang kurang baik akan membuat kamar mandi menjadi lembab dan berbau tidak sedap. Untuk mengatasi hal ini anda dapat memasang exhaust fan. Exhaust fan bekerja seperti kipas pada umumnya tetapi secara berlawanan yaitu tidak meniup udara keluar tetapi menarik udara kedalam. Exhaust fan ini akan mencegah terjadinya kelembaban dan menghilangkan kontaminan yang berasal dari udara. Untuk mengingkatkan sirkulasi udara pada ruangan lainnya, anda dapat menggunakan kipas atau AC. Kipas akan membuat udara terus bersikulasi. Jika cuaca sangat panas, tutup jendela dan nyalakan AC. Ini bertujuan agar ruangan di dalam rumah tidak terlalu panas. Jika rumah kita memiliki lubang ventilasi yang tertutup dengan kawat nyamuk, pastikan untuk membersihkan kawat nyamuk tersebut secara rutin agar tidak ada debu atau kotoran yang menyumbat lubang pada kawat nyamuk sehingga udara dapat mengalir dengan baik.

Manfaat Yogurt Bagi Kesehatan

yogurtYogurt merupakan kultur dengan bahan dasar susu yang mengandung mikroflora atau bakteri sehat yang baik untuk saluran pencernaan. Bakteri yang terdapat dalam susu akan mengalami fermentasi dan menggumpal untuk mengentalkan susu dan membentuk tekstur seperti krim. Manfaat Yogurt sangat baik untuk anak-anak karena merupakan salah satu sumber protein, lemak, karbohidrat dan lemak serta memiliki rasa yang enak. Yogurt umumnya terbuat dari susu sapi. Di pasaran terdapat beberapa jenis yogurt dengan kadar lemak yang berbeda-beda. Yogurt dengan kadar lemak sangat rendah mengandung kurang dari 0,5% lemak sedangkan yogurt rendah lemak mengandung lemak sebesar 0,5-2%. Namun ada juga yogurt yang terbuat dari susu murni yang berlemak tinggi dan menghasilkan yogurt yang lebih kental. Yogurt juga memiliki rasa yang berbeda-beda, ada yang rasa strawberi, mangga, jeruk, jambu, dan lain-lain. Biasanya pada yogurt jenis ini ditambahkan potongan buah asli untuk menambahkan kenikmatan. Yogurt ini juga mengandung gula yang berfungsi sebagai pemanis dan mengawetkan potongan buah. Ada juga yogurt tanpa rasa yang biasanya berwarna putih dan tanpa adanya tambahan pemanis.
Yogurt lebih mudah dicerna daripada susu. Ada beberapa orang yang tidak dapat mencerna susu sapi karena alergi terhadap protein susu atau laktosa. Proses kultur membuat yogurt lebih mudah dicerna dibandingkan dengan susu karena laktosa dari susu telah dipecah menjadi glukosa dan galaktosa, dua jenis gula yang mudah diserap. Bakteri kultur di dalam yogurt juga menghasilkan laktase, enzim yang tidak dimiliki oleh orang-orang yang alergi terhadap susu. Selain enzim lactase juga terdapat enzim beta-galaktosidase yang membantu meningkatkan penyerapan laktosa pada orang yang yang kekurangan enzim laktase.
Yogurt mengandung kalsium yang sangat penting untuk menghasilkan tulang dan gigi yang kuat serta mencegah osteoporosis. Manfaat Yogurt juga berkontribusi pada kesehatan usus karena yogurt mengandung laktobakteri, bakteri yang menjaga kesehatan usus dan menurunkan resiko kanker usus. Selain itu bakteri ini dapat membantu menstimulasi sel darah putih melawan infeksi. Yogurt juga dapat meningkatkan penyerapan kalsium dan vitamin B. Yogurt dapat diperoleh di supermarket. Ketika membeli perhatikan tanggal kadaluawarsanya, karena yogurt memiliki waktu kadaluwarsa yang pendek. Setelah membeli, segera masukan yogurt ke dalam lemari es agar yogurt tidak cepat rusak. Setelah kemasan dibuka, yogurt harus dikonsumsi dalam 3 hari. Yogurt yang sudah rusak dapat dilihat dari adanya tanda-tanda jamur atau perubahan warna pada yogurt. Selain itu yogurt yang telah rusak akan memiliki baud an rasa yang berbeda seperti bau tengik atau rasa asam yang lain dari biasanya. Kerusakan pada yogurt juga dapat diketahui dengan memeriksa kekentalan. Jika terdapat cairan di atas yogurt, cobalah untuk mengaduknya dengan sebuah sendok. Jika setelah pengadukan, tekstur yogurt tidak kembali normal maka kemungkinan besar yogurt tersebut telah rusak dan anda harus segera membuangnya.
www.arisurachman.com

Kebiasaan Membaca

kebiasaan membacaKapankah anda terakhir kali membaca buku, koran atau majalah? Ada beberapa orang yang suka membaca buku dan menjadikannya sebagai kebiasaan tetapi ada pula yang membaca karena disuruh oleh orang lain. Budaya membaca nampaknya kini telah beralih pada menonton televisi, internet, permainan, dan lain-lain. Padahal membaca dapat memberikan banyak manfaat bagi kita. Membaca dapat menghilangkan segala tekanan dan membuat kita lebih relaks, misalnya membaca karya fiksi seperti novel dapat membawa kita berimajinasi ke dunia lain sehingga mengalihkan perhatian kita dari segala masalah yang membuat kita stress. Dengan membaca kita akan memperoleh pengetahuan dan wawasan yang lebih luas sehingga kita dapat lebih siap menghadapi segala tantangan. Semakin kita banyak membaca maka semakin banyak pembendaharaan kosakata yang kita miliki. Hal ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan kepercayaan diri seseorang ketika berbicara di depan umum. Seseorang yang banyak membaca, berkomunikasi dengan baik dan memiliki pengetahuan yang luas mengenai berbagai topik akan memiliki perkembangan karir yang lebih cepat daripada orang yang tidak suka membaca dan memiliki sedikit pengetahuan. Ketika kita membaca, otak kita akan berusaha mengingat isi buku yang kita baca. Untuk setiap memori baru, otak akan membentuk sinapsis baru (saluran pada otak) dan memperkuat sinapsis yang telah ada dimana hal ini akan meningkatkan daya ingat kita.
Apakah anda pernah membaca novel misteri dan berusaha memecahkan misteri tersebut sebelum selesai membaca seluruh novel? Inilah yang disebut dengan kemampuan analisis. Membaca ternyata dapat mengembangkan kemampuan seseorang dalam berpikir dan menganalisa sesuatu. Kemampuan analisis ini juga mencakup kritikan terhadap suatu buku, menilai apakah buku tersebut bagus atau tidak, menilai karakter tokoh dalam buku, menilai alur cerita, dan lain-lain. Membaca juga dapat meningkatkan konsentrasi karena ketika kita membaca, seluruh perhatian kita terfokus pada isi buku. Dengan sering membaca maka secara tidak langsung berarti melatih konsentrasi kita. Membaca buku merupakan salah satu hiburan yang paling murah. Buku dapat diperoleh dengan mudah dan dimana saja, baik dari perpustakaan, toko buku maupun situs online dimana kita dapat mengunduh buku elektronik secara gratis.
Untuk menumbuhkan minat baca bagi anda yang tidak suka membaca, anda dapat mencobanya perlahan-lahan. Pilihlah sebuah buku, koran atau majalah untuk dibaca. Untuk permulaan buatlah target waktu membaca 15 menit per hari. Selama 15 menit ini anda harus konsentrasi dalam membaca dan tidak melakukan hal lain. Latihlah ini setiap hari dan buatlah menjadi sebuah kebiasaan. Setelah mulai terbiasa, anda dapat meningkatkan waktu membaca anda menjadi 20 hingga 30 menit. Usahakan untuk memilih buku dengan topik yang ringan dan kosakata yang mudah sehingga anda dapat menikmati waktu membaca anda. Budaya membaca juga perlu dipupuk sejak dini agar di kemudian hari membaca dapat menjadi suatu kebiasaan yang baik.
www.arisurachman.com

Layar sentuh

Layar sentuhLayar sentuh merupakan layar yang sensitif terhadap sentuhan jari atau pena. Teknologi layar sentuh mulai menguasai dunia elektronik dan digunakan secara luas setelah Apple memperkenalkan produk iPhone 2007. Aplikasi layar sentuh banyak digunakan pada telepon genggam, komputer tablet, sistem navigasi mobil, layar monitor pada peralatan industri atau kesehatan, dan lain-lain. Layar sentuh memperkenankan penggunanya untuk mengatur sistem komputer dengan menyentuh ikon atau link pada monitor. Teknologi layar sentuh dapat bekerja karena didalamnya terdapat tiga komponen. Yang pertama adalah sensor sentuhan yang merupakan permukaan yang responsif terhadap sentuhan. Sensor tersebut memiliki listrik yang mengalir didalamnya, dan ketika kita menyentuh layar maka terjadi perubahan voltase yang merupakan tanda akan lokasi sentuhan. Yang kedua adalah pengendali, yang merupakan perangkat keras yang mengubah perubahan voltase pada sensor menjadi signal pada komputer atau perangkat lain. Yang terakhir adalah perangkat lunak yang menyampaikan perintah pada komputer, smartphone, atau perangkat lainnya mengenai apa yang terjadi pada sensor dan memperkenankan perangkat tersebut untuk melakukan proses sesuai dengan instruksi yang diberikan. Layar sentuh yang terdapat pada smartphone terdiri dari 2 jenis yaitu layar sentuh kapasitif dan layar sentuh resistif. Layar sentuh kapasitif menggunakan bagian tubuh manusia untuk mendeteksi sentuhan dan tidak dapat dikendalikan oleh stylus. Stylus adalah alat berupa tongkat kecil yang berbentuk seperti pena. Jenis layar sentuh yang dapat merespon tekanan pada stylus adalah layar sentuh resistif.
Teknologi layar sentuh sangat mudah digunakan, hanya cukup dengan menyentuh sebuah ikon untuk mengaktifkannya. Ini sangat berguna bagi orang-orang yang mengalami kesulitan dengan menggunakan mouse. Layar sentuh juga merupakan perangkat yang bermanfaat dalam proses belajar mengajar yang interaktif untuk anak-anak. Perangkat dengan teknologi layar sentuh yang tidak memerlukan penggunaan keyboard ataupun mouse sangat praktis karena tidak memakan tempat untuk menyimpannya. Bentuknya yang lebih sederhana dan berukuran lebih kecil daripada perangkat konvensional pada umumnya dapat disimpan dan dibawa kemanapun. Teknologi layar sentuh juga lebih efisien karena untuk membuka sebuah aplikasi dengan sentuhan jari memerlukan waktu yang lebih singkat daripada dengan mengetik keyboard atau mengklik sebuah mouse. Teknologi layar sentuh juga memiliki beberapa kelemahan. Salah satunya yaitu jika terkena sinar matahari maka tulisan pada monitor terkadang sulit untuk dibaca karena terlihat lebih gelap. Perangkat dengan teknologi ini memiliki layar yang sangat terang dan oleh karenanya memerlukan daya yang cukup besar sehingga lebih boros baterai dan harus sering diisi ulang. Selain itu untuk memiliki perangkat dengan teknologi layar sentuh, anda harus menguras kantong lebih dalam karena harganya yang cukup mahal.
www.arisurachman.com

Pengaruh Gadget Pada Anak

pengaruh gadget pada anakTidak dapat dipungkiri lagi bahwa sekarang teknologi telah berkembang kian pesatnya. Setiap orang menggunakan gadget dengan teknologi yang modern seperti televisi, telepon genggam, laptop, komputer tablet, smart phone, dan lain-lain. Gadget ini dapat ditemui dimanapun, baik pada orang dewasa maupun anak-anak. Anak-anak kini telah menjadi konsumen aktif dimana banyak produk-produk elektronik dan gadget yang menjadikan anak-anak sebagai target pasar mereka. Penggunaan perangkat elektronik atau gadget tersebut memiliki dampak positif dan dampak negatif pada anak.

Perkembangan anak tidak hanya melibatkan pembelajaran, tapi juga memerlukan hiburan agar anak merasa senang. Perangkat elektronik atau gadget menyediakan hiburan yang tidak membosankan dan memberikan rekreasi pada anak. Pada anak-anak usia dini atau dibawah usia prasekolah, gadget dapat membantu menstimulasi indera dan imajinasi anak-anak, seperti meningkatkan kemampuan mendengar dan berbicara serta belajar mengenali suara.

Perangkat elektronik dan permainan juga memiliki efek yang positif dalam mendukung pembelajaran kognitif dan pengembangan kemampuan analisis. Hal ini dapat membantu membangun pemikiran yang inovatif dan strategis serta mendorong kreativitas pada anak. Banyak permainan yang dirancang untuk mengejar nilai tertentu agar dapat melanjutkan permainan ke tingkat berikutnya.Hal ini dapat mendorong kemampuan matematik dan teknik seseorang dan secara psikologi memotivasi sikap seseorang agar tidak mudah menyerah.
Teknologi juga membawa pengaruh yang negatif terhadap perkembangan anak diantaranya menghambat perkembangan otak, mempengaruhi hubungan sosial dan menyebabkan masalah kesehatan. Penggunaan gadget yang berlebihan pada anak dapat mempengaruhi prestasi mereka di sekolah. Anak-anak banyak menghabiskan waktu dengan bermain gadget sehingga mempengaruhi konsentrasi mereka terhadap pelajaran. Kebiasaan bermain gadget juga menyebabkan gaya hidup yang tidak sehat dan manajemen waktu yang tidak baik. Di samping itu, ketika anak bermain permainan yang memiliki unsur kekerasan, mereka akan cenderung lebih agresif. Teknologi modern juga berkontribusi pada kerusakan moral anak. Internet dapat memperkenalkan anak pada hal-hal buruk seperti situs pornografi.
Pada jaman sekarang adalah hal yang mustahil untuk menghilangkan penggunaan gadget pada anak, namun ada beberapa cara untuk mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan oleh gadget. Disini orang tua memegang peranan yang sangat penting untuk memberikan batasan serta informasi yang jelas kepada anak-anaknya dalam menggunakan gadget tersebut. Usahakan untuk tidak menyimpan gadget di dalam kamar tidur anak. Berikan pengawasan ketika anak menggunakan internet dan larang anak untuk bermain permainan online. Orang tua juga harus berkomunikasi secara terbuka dengan anak dan saling berbagi mengenai apa yang mereka lihat atau pikir mengenai permainan yang mereka mainkan atau film yang mereka tonton. www.arisurachman.com