Cara Setting Email Domain Sendiri dengan Mail.live.Com

Sunday, June 3rd 2012. | Blogging

Windows Live Admin Center adalah salah satu layanan yang disediakan oleh Windows Live. Layanan ini dulu bernama Windows Live Custom Domain yang kemudian berubah nama menjadi Windows Live Admin Center

Jika Anda memiliki nama domain sendiri, maka Anda dapat merubah MX record dari domain Anda untuk menikmati beragam fitur lengkap yang disediakan oleh Windows Live Hotmail, namun tentunya dengan alamat email yang menggunakan nama domain Anda sendiri, seperti misalnya admin@domainmu.com.

Email account yang diberikan oleh Windows Live Admin Center merupakan Windows Live ID dan Anda dapat menggunakannya untuk login ke MSN Messenger, Windows Live Messenger termasuk semua layanan Microsoft lainnya yang menggunakan Windows Live ID.

Beberapa fitur yang ditawarkan oleh layanan Windows Live Admin Center ini adalah sebagai berikut:

-          Menggunakan nama domain Anda sendiri untuk mengirim dan menerima e-mail termasuk menggunakan layanan IM.

-          Ruang penyimpanan yang cukup besar, yaitu sebesar 5 gigabyte (GB) untuk setiap akun Anda.

-          Kemudahan untuk memeriksa e-mail dari komputer manapun asalkan terhubung ke Internet.

-          Filtering junk ataupun spam email dengan teknologi SmartScreen dari Microsoft. Teknologi SmartScreen ini menggunakan metode pembelajaran dengan algoritma berbasis probabilitas yang dapat menentukan apakah sebuah email termasuk kedalam email yang sah atau email spam.

2. Registrasi Domain

Saat ini sudah banyak sekali tempat untuk membeli domain, baik di Indonesia maupun di luar Indonesia. Dengan kisaran harga yang relatif murah disertai pelayanan yang umumnya cepat, dengan mudah Anda bisa mendapatkan sebuah domain. Namun jika Anda masih merasa sayang membelanjakan uang Anda untuk membeli domain tersebut, maka Anda bisa memanfaatkan layanan domain yang gratis. Seperti Co.CC, atau dot Tk , dot tv afraid.org dan lain-lain.

Walaupun anda tidak membeli dengan Hostingnya, Untuk membeli domain anda, Kunjungi situs penyedia domain atau hosting, register dan belilah domain anda:

-          Tentukan nama domain yang akan digunakan sebagai domain email anda.

-          Isikan nama domain tersebut pada kolom kosong yang disediakan lalu klik tombol Check availability. Tujuannya adalah untuk memeriksa dan memastikan bahwa belum ada yang menggunakan nama domain tersebut.

-          Jika Nama domain yang anda tulis tersedia anda bias melanjutkan keproses registrasi identitas, dan akan menerima email balasan untuk segera membayar nama domain yang anda pesan selama setahun biasanya antara Rp. 75.000 – 120.000 tergantung nama domain anda dot com atau dotnet atau info dan lain lain.

-          Bayarlah pesanan anda ke rekening tempat anda register domain tadi dan konfirmasi

-          Dalam beberapa menit atau beberapa jam kedepan domain anda sudah dapat digunakan.

-          Masuklah ke dns panel domain anda yang diberikan melalui email aktivasi dari penyedia hosting. Disini anda dapat mengarahkan domain Anda ke hosting yang anda tuju seperti blogspot.com atau hosting berbayar lainnya, untuk hosting gratis Anda dapat menggunakan blogpot.com dengan men setting dns pada cname record. Untuk blogspot di setting ke ghs.goole.com. dan diblogspotnya juga diarahkan ke domain anda.

3. Registrasi Windows Live Admin Center

Setelah Anda memiliki domain sendiri, tahap berikutnya adalah membuat akun di Windows Live Admin Center agar anda bisa menggunakan domain Anda tersebut untuk alamat email Anda.

-          Buka kembali internet browser Anda lalu masuk ke situs Windows Live Admin Center yaitu: http://domain.live.com.

-          Pada bagian Custom Domains, klik link Get started seperti tampak pada gambar berikut ini.

-          Tunggu beberapa saat hingga halaman Get started ditampilkan.

-          Pada bagian Provide your domain name, ketikan nama domain Anda yang hendak didaftarkan.

-          Pada bagian Choose mail service for your domain. Pilih Set up Windows live Hotmail for my domain agar akun email Anda yang akan dibuat nanti bisa menyatu / terintegrasi dengan akun Windows Live Mail Anda.

-          Berikutnya adalah menentukan email untuk Administrator Windows Live Admin Center tersebut. Pada tahap ini Anda membutuhkan sebuah Windows Live ID, jika Anda belum memilikinya, Anda dapat memilih pilihan Create a new Windows Live ID in your domain, namun jika sudah Anda dapat memilih Sign in with an existing Windows Live ID

-          Berikutnya akan ditampilkan review informasi akun dan persetujuan terms of service. Klik I Accept untuk menyetujuinya.

-          Proses registrasi Windows Admin Center telah selesai dan anda langsung dibawa menuju Admin Panel dari Windows Live Custom Domain.

4. Integrasi Windows Live Admin Center dengan Domain

Pada bab ini akan dibahas cara mengintegrasikan nama domain Anda dengan Windows Live Admin Center, yaitu dengan menambahkan MX Record pada seting nama domain Anda. Berikut ini uraian langkahnya.

pada control panel hosting Anda. Masing-masing provider hosting tentunya menggunakan engine berbeda untuk control panelnya, ada yang menggunakan cPanel, sPanel, DirectAdmin, Kloxo, Vista Panel, dan lain sebagainya.

-          Masuk kembali ke dns domain anda

-          Masukkan email dan password

-          Klik menu List Domain Anda kemudian klik domain anda.

-          Isikan semua yang diminta oleh live.com ke dalam cpanel domain anda dan setelah selesai klik refresh. ( biasanya proses nya 1 – 24 jam ).

5. Konfigurasi Windows Live Admin Center

Domain Settings

Berisi instruksi atau petunjuk konfigurasi email juga untuk membuktikan kepemilikan dari domain, misalnya karena sering kali gagal dalam integrasi antara domain dan Windows Live Admin Center.

Custom Addresses

Digunakan jika Anda ingin memiliki subdomain sendiri tanpa hosting misalnya admin.percetakanbalikpapan.com. Anda membutuhkan CNAME record pada domain anda.

Open Membership

Untuk mengelola member baik yang sudah terdaftar ataupun untuk menambahkan member baru.

Memungkinkan para calon member untuk membuat akun email sendiri seperti halnya pendaftaran email biasa. Fitur ini merupakan salah satu kelebihan Windows Live dibandingkan dengan layanan lainnya seperti Google Apps yang hanya bisa menambahkan member melalui admin panel.

 

Settings

Sub menu dari Open Membership yang menentukan apakah email anda terbuka untuk umum (orang lain dapat mendaftar dengan bebas) atau tertutup (hanya admin yang bisa menambahkan member).

Sign-Up Module

Juga merupakan sub menu dari Open Membership. Merupakan promotion tools yang bisa membuat banner berisi promosi email gratis. Fitur ini menggunakan auto generate hingga anda cukup merubah kata-kata yang ingin dibuat dan banner berikut kode-nya sudah siap untuk dipasang di halaman website anda.

Co-Branding

Merupakan layanan custom dari Windows Live yang memungkinkan anda untuk memasang logo organisasi atau perusahaan sendiri pada layanan Hotmail. Sehingga para member akan melihat logo anda setiap kali membuka email.

SDK (Software Development Kit)

Sebuah fitur yang dapat dimanfaatkan oleh para developer untuk lebih mendayagunakan lagi kemampuan Windows Live Admin Center ini. Info lengkapnya bisa Anda baca di situs resminya: http://dev.live.com/

 Reporting

Halaman ini berisi laporan tentang informasi domain pada akun Windows Live Admin anda.

 

Incoming search terms:

  • Cara cepat mail level hay day
  • gimana cara set up email @live com
  • kenapa email domain sendiri pesan masuk dari email orang tidak masuk di outlook

Comments

comments

Related For Cara Setting Email Domain Sendiri dengan Mail.live.Com