Jaringan Tanpa Kabel

raringan tanpa kabelPerkembangan teknologi kini sudah semakin pesatnya mengikuti kebutuhan masyarakat yang modern. Meningkatnya penggunaan laptop, tablet serta mobilitas yang tinggi menuntut akan perlunya jaringan tanpa kabel atau yang lebih dikenal dengan jaringan WiFi agar masing-masing orang dapat saling terhubung secara online baik untuk kebutuhan pribadi, bersosialisasi maupun untuk bekerja. Jaringan tanpa kabel ini memberikan banyak keuntungan bagi penggunanya. Jaringan tanpa kabel memberikan kenyamanan dan fleksibilitas karena seseorang dapat tetap online dimana saja, tanpa menggunakan atau mencolok kabel. Pengaturan dan konfigurasi jaringan ini juga mudah dilakukan.

            Jaringan tanpa kabel menghubungkan dua atau lebih komputer melalui sinyal radio seperti telepon genggam, televisi dan radio. Jaringan tanpa kabel memperkenankan pengiriman data atau akses internet yang lebih praktis. Proses pengiriman data pada jaringan tanpa kabel berlangsung ketika adaptor WiFi pada komputer menterjemahkan data dalam bentuk sinyal radio dan mengirimnya lewat antena. Radio pada jaringan tanpa kabel dapat mengirimkan sinyal pada frekuensi 2,4 GHz atau 5 GHz. Frekuensi ini lebih tinggi daripada frekuensi yang digunakan untuk telepon genggam dan televisi. Semakin tinggi frekuensinya maka semakin banyak data yang dapat dikirimkan.

            Hotspot merupakan tempat yang memiliki akses jaringan internet tanpa kabel. Tempat-tempat yang memiliki fasilitas hotspot kini banyak dijumpai dimana saja, seperti airport, kafe, hotel, rumah sakit dan lain-lain. Biasanya tempat-tempat ini memberikan fasilitas tersebut secara gratis dengan tujuan untuk menarik konsumen, tetapi ada pula yang mengharuskan untuk membayar. Kini kebanyakan laptop, pc tablet atau telepon genggam telah dilengkapi dengan fitur WiFi. Dengan hanya mengaktifkan fitur tersebut di tempat hotspot maka kita dapat langsung menjelajahi internet sepuasnya. Namun jika perangkat elektronik anda tidak memiliki fitur WiFi, maka anda dapat menggunakan adaptor WiFi yang dihubungkan ke perangkat elektronik anda melalui port USB. Fitur WiFi atau adaptor WiFi dapat mendeteksi secara otomatis jaringan WiFi yang aktif di tempat dimana anda berada.

            Jaringan tanpa kabel juga memiliki keterbatasan, seperti misalnya dalam hal pengiriman data. Pada jaringan tanpa kabel, pengiriman data dengan kapasitas yang besar lebih sulit untuk dilakukan dan biasanya membutuhkan waktu yang relatif lebih lama daripada jaringan kabel. Kecepatan transmisi data pada jaringan tanpa kabel dipengaruhi oleh trafik jaringan. Semakin pada trafik jaringan atau semakin banyak orang yang menggunakan jaringan tersebut di suatu area maka kecepatan transmisi datanya semakin lambat. Aksesbilitas jaringan tanpa kabel juga dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya seperti dinding, radiasi elektromagnetik seperti yang dihasilkan oleh microwave, dan jarak yang jauh. www.arisurachman.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *