Kendalikan Penyakit Asam Urat dengan Diet

Penyakit asam urat adalah suatu bentuk peradangan yang merupakan inflamasi dan pembengkakan pada sendi yang disebabkan oleh pembentukan asam urat dalam tubuh. Gejala penyakit asam urat yang umum terjadi adalah serangan nyeri yang tiba-tiba dan parah dan pembengkakan pada beberapa sendi. Kristal asam urat dapat berkumpul dalam ginjal dan menyebabkan batu ginjal. Normalnya, asam urat akan terpecah dalam darah dan dikeluarkan dalam air seni. Jika tubuh meningkatkan produksi asam urat atau ginjal tidak mengeluarkannya dengan baik maka kadar asam urat dalah tubuh meningkat. Ini yang disebut dengan hiperurikemia. Ini bukanlah suatu penyakit dan tidak berbahaya. Namun jika kristal asam urat berlebihan sebagai hasil dari hiperurikemia maka akan menyebabkan penyakit asam urat.

Makanan tertentu juga dapat menyebabkan penyakit asam urat, oleh karena itu diet memegang peranan penting. Para penderita penyakit asam urat disarankan untuk menghindari beberapa jenis makanan. Makanan yang dapat menyebabkan penyakit asam urat adalah makanan yang banyak mengandung purin, termasuk juga minuman beralkohol, sarden, ragi, hati, kacang-kacangan, jamur, bayam, asparagus dan unggas.

Walaupun tidak ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit asam urat, tetapi banyak orang dengan penyakit ini dapat menjaga kadar asam urat dan hidup normal. Obat anti inflamasi non steroid (NSAID) memblok prostaglandin, senyawa yang menyebabkan inflamasi dan rasa nyeri. Obat ini diminum selama gejala dirasakan selama tiga atau empat hari.Adabanyak obat yang termasuk golongan NSAID. Indometasin (Indocin) adalah yang biasa digunakan. Obat kortikosteroid juga dapat digunakan jika tidak dapat menggunakan obat golongan NSAID. Salah satu contohnya adalah alopurinol (Lopurin) yang memblok produksi asam urat. Obat ini digunakan dalam jangka waktu yang panjang untuk pasien yang tua dan memiliki kadar asam urat yang tinggi dalam urin.

One Reply to “Kendalikan Penyakit Asam Urat dengan Diet”

  1. terima kasih infonya , memang benar sesuai posting anda ,sejak puasa saya mulai berbuka dengan makan salat ,ternyata membawa badanku sangat segar ,dan bengkak2 mulai kempes ,setelah seminggu beratku turun 6kg ,sangat menyenangkan magg ku juga tidak terasa lagi.
    saya sdh membuktikan ,aku tidak melirik makanan matang, kadang karena kangen aku ambil tempe ,dan tidak lagi daging dan ikan , seperti layaknya vegetarian aja. aku mungkin meneruskan untuk merubah kebiasaan menu mentah ,sayuran dan buah2an saja ,sampai beratku kembali 63kg. salam hangat dan sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *