Oleh oleh Khas Balikpapan

oleh-oleh khas balikpapan

Jalan-jalan ke Balikpapan belum pas rasanya bila belum mencicipi kelezatan inovatif Cake Salak Kilo.

Riswahyuni atau akrabnya di sapa Yuni adalah pencetus awal dan pemilik usaha Cake Salak Kilo.

Wanita dengan dua anak yang ramah dan enerjik ini sengaja memilih Cake yang diolah dari bahan dasar salak mengingat begitu mudahnya menemukan buah salak di kota Balikpapan tanpa mengenal musim. Untuk lebih mengenalkan dan mengangkat daerah petani salak di Balikpapan maka dipilihlah nama Cake Salak Kilo untuk produknya ini.

Semua orang yang telah mencoba menilai Cake Salak Kilo memang sangat unik, enak dan bergizi. Tak heran bila Cake Salak Kilo buatan Yuni meraih juara I Kategori Makanan Ringan Basah di Festival Panganan Khas Balikpapan gelaran Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Balikpapan yang berlangsung di e-walk Balikpapan Super Block BSB 19-21 Oktober 2012.
Menurut penilaian juri, Cake Salak buatan Yuni memiliki rasa yang unik, higienis, dan merupakan inovasi baru bagi panganan khas Kota Balikpapan. Selain itu, Yuni memiliki perencanaan ke depan atau kontinuitas terhadap buah salak, yang menjadi bahan dasar panganan buatannya.

Inspirasi membuat Cake Salak, datang dari kisah perjalanannya dari Balikpapan-Samarinda.
Saat perjalanan dari Balikpapan-Samarinda tak jarang ia membeli buah salak. “Saya beli buah salak untuk dimakan saat perjalanan, tapi ketika dibawa pulang ke rumah sering tidak termakan. Lalu, saya mencari ide untuk membuat cake yang bahan dasarnya dari salak agar tidak mubazir” ujar perempuan yang juga pemilik catering Serai Wangi ini.

Ternyata luar biasa sambutan keluarga dan masyarakat atas Cake Salak ini. Walaupun produk ini masih terbilang baru namun Cake Salak ini telah dikirim ke berbagai daerah karena Yuni juga menjual secara online untuk membangun pengenalan merek dari Balikpapan agar lebih di kenal di pasar nasional. Cake Salak Kilo memiliki daya tahan 6 hari tanpa disimpan di lemari es dan Cake ini tidak menggunakan pengawet. Untuk varian rasa terdapat rasa: original, almond, keju, coklat, tiramisu dan kurma madu.
Saat ini Yuni juga telah menambah produk olahannya seperti: Brownies Salak, Sirup Salak, Dodol Salak, Coklat Dodol Salak, Pia Salak Rumput Laut, Madumongso Salak, Sambal Ulek Salak, Manisan dan Asinan Salak, Lumpia Salak, dll yang semuanya menggunakan merek Kilo.

Yuni yang merupakan IKM binaan Disperindagkop Balikpapan ini sangat bersyukur, karna setiap ada gelaran pameran baik didalam kota maupun diluar daerah Disperindagkop selalu membawa produknya untuk diperkenalkan diluar daerah.

Bersyukur pada bulan Mei 2013 Yuni mengikuti pelatihan Gugus Kendali Mutu, dan mengikuti Konvensi Gugus Kendali Mutu di Disperindagkop Balikpapan pada bulan September 2013 dan mendapat juara 1 dilanjutkan Konvensi Gugus kendali Mutu tingkat Propinsi Kaltim pada bulan Oktober 2013 mendapat juara 1 kembali. Disini Yuni mengikutkan alat pengaduk multifungsi yang begitu membantunya sebagai alat pengaduk dodol. Alat pengaduk multifungsi ini juga telah mengantarnya hingga ke Konvensi tingkat Nasional di Yogyakarta pada bulan November 2013. Manfaat GKM sangat dirasakan Yuni dalam pengembangan usahanya hingga saat ini.

Riswahyuni cakesalak

 

Sederet prestasi telah diraih wanita kelahiran Balikpapan, 27 Juni 1977 ini antara lain:
1. Juara 1 Festival Panganan Khas Balikpapan 2012

2. Juara 1 Konvensi Gugus Kendali Mutu Tingkat Kota Balikpapan 2013

3. Juara 1 Konvensi Gugus Kendali Mutu Tingkat Propinsi Kalimantan Timur 2013

4. Juara 1 Konvensi Gugus Kendali Mutu Tingkat Nasional 2013

5. Juara 1 Lomba Teknologi Tepat Guna Tingkat Kota Balikpapan 2014

6. Juara 1 Lomba Marketeers Techno Start-up Icon 2014 oleh MarkPlus.inc

7. Nominator Produk Pertanian Berdaya Saing Tingkat Nasional 2014

8. Juara 1 Penghargaan Tertinggi Pemerintah Republik Indonesia untuk penerapan Kreasi Prima
Mutu (KPM) 2014 Oleh Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono.

9. Penghargaan Warga Berprestasi Kota Balikpapan untuk bidang UKM 2015,
memperingati hari Ulang Tahun Kota Balikpapan ke 118, oleh Walikota Balikpapan Rizal Effendi.

Dengan Motto Hidup menjadi orang yang bermanfaat bagi sebanyak-banyak umat, saat ini Yuni telah menyiapkan sebidang tanah pertanian di km.31 jalan poros Balikpapan-Samarinda yang diperuntukkan sebagai perkebunan salak dan menjadi wisata kuliner bagi wisatawan maupun bagi pelajar untuk melihat langsung perkebunan salak dan pengolahannya. Dan menyiapkan pembangunan panti asuhan bagi anak-anak kurang mampu untuk mengelola perkebunan salak tersebut.
Uniknya lagi, dengan membeli aneka olahan salak merk Kilo berarti anda telah bersedaqah. Karena sebagian yang anda bayarkan akan disishkan untuk membantu program Beasiswa Barokah bekerja sama dengan Badan Maal Hidayatullah (BMH).
Office and Workshop: House of Serai wangi
Perumahan Griya Permata Asri, Jl. Asahan No. 026H, Ringroad.
Balikpapan 76115 Kalimantan Timur. Indonesia
Telp: 62.0542.873803 Fax: 62.0542.7202029
email: seraiwangi.rumahmakan@yahoo.co.id
website: www.cakesalak.com
Mobile: 0813 500 84934

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *