Pengaruh Gadget Pada Anak

Tuesday, October 15th 2013. | Techno & Science

pengaruh gadget pada anakTidak dapat dipungkiri lagi bahwa sekarang teknologi telah berkembang kian pesatnya. Setiap orang menggunakan gadget dengan teknologi yang modern seperti televisi, telepon genggam, laptop, komputer tablet, smart phone, dan lain-lain. Gadget ini dapat ditemui dimanapun, baik pada orang dewasa maupun anak-anak. Anak-anak kini telah menjadi konsumen aktif dimana banyak produk-produk elektronik dan gadget yang menjadikan anak-anak sebagai target pasar mereka. Penggunaan perangkat elektronik atau gadget tersebut memiliki dampak positif dan dampak negatif pada anak.

Perkembangan anak tidak hanya melibatkan pembelajaran, tapi juga memerlukan hiburan agar anak merasa senang. Perangkat elektronik atau gadget menyediakan hiburan yang tidak membosankan dan memberikan rekreasi pada anak. Pada anak-anak usia dini atau dibawah usia prasekolah, gadget dapat membantu menstimulasi indera dan imajinasi anak-anak, seperti meningkatkan kemampuan mendengar dan berbicara serta belajar mengenali suara.

Perangkat elektronik dan permainan juga memiliki efek yang positif dalam mendukung pembelajaran kognitif dan pengembangan kemampuan analisis. Hal ini dapat membantu membangun pemikiran yang inovatif dan strategis serta mendorong kreativitas pada anak. Banyak permainan yang dirancang untuk mengejar nilai tertentu agar dapat melanjutkan permainan ke tingkat berikutnya.Hal ini dapat mendorong kemampuan matematik dan teknik seseorang dan secara psikologi memotivasi sikap seseorang agar tidak mudah menyerah.
Teknologi juga membawa pengaruh yang negatif terhadap perkembangan anak diantaranya menghambat perkembangan otak, mempengaruhi hubungan sosial dan menyebabkan masalah kesehatan. Penggunaan gadget yang berlebihan pada anak dapat mempengaruhi prestasi mereka di sekolah. Anak-anak banyak menghabiskan waktu dengan bermain gadget sehingga mempengaruhi konsentrasi mereka terhadap pelajaran. Kebiasaan bermain gadget juga menyebabkan gaya hidup yang tidak sehat dan manajemen waktu yang tidak baik. Di samping itu, ketika anak bermain permainan yang memiliki unsur kekerasan, mereka akan cenderung lebih agresif. Teknologi modern juga berkontribusi pada kerusakan moral anak. Internet dapat memperkenalkan anak pada hal-hal buruk seperti situs pornografi.
Pada jaman sekarang adalah hal yang mustahil untuk menghilangkan penggunaan gadget pada anak, namun ada beberapa cara untuk mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan oleh gadget. Disini orang tua memegang peranan yang sangat penting untuk memberikan batasan serta informasi yang jelas kepada anak-anaknya dalam menggunakan gadget tersebut. Usahakan untuk tidak menyimpan gadget di dalam kamar tidur anak. Berikan pengawasan ketika anak menggunakan internet dan larang anak untuk bermain permainan online. Orang tua juga harus berkomunikasi secara terbuka dengan anak dan saling berbagi mengenai apa yang mereka lihat atau pikir mengenai permainan yang mereka mainkan atau film yang mereka tonton. www.arisurachman.com

Pengaruh Gadget Pada Anak
thumbnailby : Ari Surachman

Comments

comments

Related For Pengaruh Gadget Pada Anak