Senam Otak dapat melatih Kecerdasan?

Senam otak merupakan suatu program dengan melakukan gerakan tertentu untuk meningkatkan stabilitas, mobilitas dan koordinasi sensor motorik. Pengulangan dari kegiatan ini dinyatakan dapat meningkatkan fleksibilitas, kemampuan tangan-mata dan membuat otak memiliki penyimpanan yang lebih optimal dan penyampaian informasi. Banyak buku-buku yang menuliskan bahwa bedasarkan penelitian dan studi kasus yang pernah dilakukan, kegiatan senam otak memiliki keuntungan bagi populasi tertentu, termasuk anak-anak yang sembuh dari luka bakar dan mereka yang di diagnosa autis.

Senam otak didasarkan pada asumsi bahwa semua pembelajaran dimulai dengan gerakan. Pengulangan dari kegiatan spesifik dikatakan dapat meningkatkan komunikasi yang efisien pada sel saraf dan pusat fungsional yang terletak pada otak dan sistem motor sensorik.Ada26 jenis kegiatan senam otak yang dirancang untuk menyatukan tubuh dan pikiran dalam rangka untuk meningkatkan konsentrasi, memori, membaca, menulis, mengatur, mendengar, koordinasi fisik, dan lain-lain. Gerakan terjadi dalam tiga sumbu gerakan, setiap sumbu menggambarkan poros dimana suatu kegiatan dilakukan. Tiga sumbu ini saling berpotongan untuk membentuk tiga dimensi gerakan. Fungsi otak adalah menentukan tiga dimensi tersebut: lateralitas adalah kemampuan untuk mengkoordinasi sisi kiri dan kanan tubuh, fokus adalah kemampuan untuk mengkoordinasikan bagian depan dan belakang tubuh dan pemusatan adalah kemampuan untuk mengkoordinasikan bagian atas dan bawah tubuh.

Berdasarkan senam otak, orang dapat menggunakan tiga dimensi untuk belajar dengan lebih mudah, sebagai contoh mereka dapat menggunakan gerakan lateral untuk meningkatkan kemampuanĀ  untuk berpindah dan berpikir pada waktu yang bersamaan. Contoh lainnya, pernapasan perut dapat digunakan sebagai pengingat untuk bernapas daripada menahan napas selama kegiatan mental atau kegiatan fisik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *